Meriahkan HUT RI 77, Pemda Supiori Gelar Berbagai Lomba

SUPIORI—Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 77, Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori menggelar berbagai kegiatan lomba yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat di kabupaten Supiori.

Ketua Panitia Perayaraan HUT RI ke-77 tingkat Kabupaten Supiori, Viktorius R. Kafiar, STTP., saat mendampingi Bupati Supiori yang diwakilkan Asisten Bidang Pembangunan dan Keuangan Setda Kabupaten Supiori, Drs.Hasanuddin Nunsi pada pembukaan lomba gerak jalan tingkat SD, SLTP, SMU/SMK, OPD Pemda, BUMD dan Masyarakat Umum se wilayah Kabupaten Supiori, di Sorendiweri, Jumat (12/8) kemarin mengatakan, perayaan HUT RI ke-77 tahun 2022 ini dibuat meriah dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat menyusul pelonggaran-pelonggaran aktifitas masyarakat pasca serangan virus Covid-19.

“Ya, antusiasme masyarakat kita cukup tinggi untuk mengikuti berbagai kegiatan lomba yang digelar panitia, ini mungkin karena hampir dua tahun ruang gerak dan aktifitas untuk kegiatan-kegiatan keramaian dibatasi karena Covid-19.” kata Kafiar yang juga menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Pemkab Supiori.

Dikatakan Kafiar, antusiasme masyarakat Supiori untuk memeriahkan HUT RI ini dapat terlihat dari banyaknya peserta dari berbagai tingkatan yang mengambil bagian dalam berbagai lomba yang digelar Panitia. 

“Kegiatan perdana yaitu jalan santai yang sudah terlaksana senin lalu, lomba tari kreasii modern tingkat pelajar yang masih berlanjut dan hari ini ada gerak jalan.” ujar Kafiar.

Selain lomba Yospan dan Gerak Jalan, sambung Kafiar, panitia juga menggelar kegiatan gemar makan ikan yang dilakukan Pemda Supiori bersama masyarakat Supiori. Hal ini dalam rangka promosi peningkatan gizi anak dan keluarga.

“Kami menyisipkan pesan-pesan kepada masyarakat dikegiatan ini, bahwa gizi keluarga itu penting, salah satu sumber gizi yang tersedia melimpah di Supiori adalah ikan laut. Jadi kami berpikir untuk momen HUT RI ini kami pakai untuk ajak masyarakat, makan ikan kalau bisa ikan selalu tersedia di meja makan.” Ujar Kafiar.

Berdasarkan petunjuk teknis pelaksanaan lomba yang direles Panitia HUT Proklamis RI ke-77 tingkat Kabupaten Supiori, beberapa lomba yang digelar adalah lomba gerak jalan tingkat OPD, pelajar dan umum, lomba kebersihan kampung dan lomba yospan. Khusus tingkat pelajar, pidato basaha inggri dan baca puisi digelar pada selasa (09/8); paduan suara, rabu (10/8); tari kreasi baru, kamis (11/8); lari 100 meter dan gerak jalan ketepatan (OPD, pelajar dan umum) jumat (12/8); carnival PAUD dan carnival kreatif, senin (15/8); dan projek profil sekolah penggerak, rabu (17/8). Sementara Yospan jalan yang melibatkan OPD, BUMN/BUMD dan masyarakat umum akan digelar sabtu (13/8). (Matreda Sarewo/Kominfo)