Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Supiori Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Perpustakaan

Korido - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Supiori adakan kegiatan sosialisasi dan pembinaan perpustakaan bagi tenaga pengelola perpustakaan se-Distrik Supiori Selatan dan Kepualauan Aruri. Sosialisasi dilaksanakan dalam rangka memaksimalakan manajemen perpustakaan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kegiatan dilaksanakan senin (27/6/2022) hingga selasa (28/6/2022) bertempat di Aula gereja H.J.Achter Korido, Supiori Selatan. Sosialisasi dibuka langsung oleh perwakilan kepala distrik supiori selatan yang ditandai pemukulan tifa bersama Kepala Dinas DPAD Ketrina Arwakon, S.E, M.Si, Kepala Bidang Perpustakaan, Isak Inggabouw, S.E, serta pemateri Eli Worabai, S.Sos, M.Si.

Kepala DPAD Supiori menjelaskan tujuan diselenggarakan sosialisasi adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pengelola perpustakaan sesuai tugas dan fungsinya. Sebab dikatakannya, dari hasil pantauan DPAD Supiori pengelolaan perpustakaan belum maksimal dan tidak berjalan sesuai apa yang diharapkan. 

“Kenyataan yang kita temukan dilapangan tidak berjalan sama sekali, bahkan ada beberapa yang jalan tetapi hanya sekadar memberikan bacaan kepada anak-anak. manajemen perpustakaan yang seharusnya dilakukan oleh tenaga perpustakaan tidak dijalankan,” ungakpanya.

Padalah lanjutnya, keberadaan perpustakaan di setiap sekolah sangat penting sebab mendukung pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui perpustakaan.

“Kegiatan ini mengarahkan kami untuk melihat secara dekat bagaimana pengelolaan perpustakaan yang berada pada setiap sekolah baik itu SD maupun SMP. Sebab Mei lalu kami turun untuk melihat secara dekat bagaimana manajemen pengelolaan perpustakaan di sekolah, dan hasil yang diperoleh menjadi dasar dan bahan sosialisasi kami di hari ini," jelasnya.

Adapun peserta sebanyak 100 orang yang terdiri dari pengelola perpustakaan serta guru-guru di Distrik Supiori Selatan dan Kepualauan Aruri.

Selama mengikuti sosialisasi, para peserta menerima materi dari narasumber Pustakawan Ahli Madya, Eli Worabai, S.Sos, M.Si,  dari Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua.

Kepala DPAD Supiori berharap, dengan sosialisasi ini sekolah-sekolah yang telah mengikuti kegiatan dapat melakukan pembenahan pada manajemen perpustakaan.

“tidak hanya sampai disini, kami juga akan terus melakukan pembinaan perpustakaan di sekolah-sekolah,” tegasnya.

Lanjutnya, kedepan DPAD akan terus melakukan sosialisasi ke Distrik lain di Kabupaten Supiori. (Diskominfo/Alfin)