ARTIKEL KEGIATAN

WANDOS MUNARA RARI BYAK TAHUN 2019 PAPUA IS RISING RELIGIUS CHARATERISTIC AND CULTURED A COMMUNITY THAT IS HEALTHY EAT WELL AND SMART. PAPUA BANGKIT RELIGIUS BERKARAKTER DAN BERBUDAYA MEMBANGUN MASYARAKAT YANG SEHAT , KENYANG DAN PINTAR

Wandos Munara Rari Byak merupakan iven yang dinanti oleh masyarakat byak yang berada di wilayah Biak dan Supiori. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan distrik, yang memperingati Hut Distrik yang ke 17 yang dirangkul dalam Wandos Munara Rari Byak. Wandos Munara Rari Byak, merupakan komitmen masyarakat di Distrik Supiori Timur dan Distrik Bondifuar, yang mana berkomitmen untuk ikut membantu pemerintah dalam mengangkat potensi Budaya maupun Potensi kekayaan alam yang ada di wilayah Distrik Supiori Timur dan Distrik Bondifuar, sebagai salah satu langkah dalam mewujudkan pembangunan berbasis masyarakat. Kegiatan ini pertama kali di laksanakan di distrik Supiori Timur dengan menggelar aneka kegiatan. Di antaranya adalah pentas tari wor Fanfan Nanggi, tari yosim  dan pelelangan perahu ( dalam Bahasa Byak Wai Mansusu), dan juga penarikan undian yang disiapkan oleh Panitia dalam menggalang dana guna menunjang Pembangunan  yang bernuasa Rohani Rabu( 03/07 – 2019). Acara ini diharapkan ditahun mendatang  bisa mengangkat perekonomian warga masyarakat sekitar dan mengenalkan potensi wisata dan potensi perikanan di wilayah tersebut. Demikian sambutan kepala distrik Supiori timur yang mengawali sambutan Wakil Bupati Supiori Timur. Selanjutnya Dandim 1708 Biak – Supiori, menyampaikan kegitan ini bersejarah, sehingga diharapkan ini adalah sebuah budaya yang bisa terus dilestarikan setiap tahun yang diselengarakan untuk mempererat antar sesama warga yang ada di sekitar wilayah kedua Distrik. Dan juga untuk menarik minat para wisatawan yaitu baik lokal maupun internasional. Kegiatan ini kedepannya dipromosikan lewat media sosial maupun media cetak lainnya bahkan media televisi, dan acara wandos munara rari byak merupakan suatu kegiatan yang luar biasa, sehingga biasa memancing minat baik dari masyarakat lokal yang berada dikabupaten Supiori maupun dari luar kabupaten Supiori bahkan ke manca negara.

Sambutan Wakil Bupati Supiori Onesias Rumere, S.Sos,M.Si, sebelum membuka kegiatan acara Wandos Munara Rari Byak, munara rari Byak itu adalah bagian dari kehidupan orang – orang Biak yang dipentaskan dalam bentuk munara wampasi. Untuk diketahui bahasa Wampasi adalah musim teduh dimana orang biak mengunakan kesempatan ini untuk bisa melakukuan kegiatan aktifitas untuk mencari ikan dalam bentuk pemalangan dengan mengunakan jaring hingga air laut surut (meti Kering). Kali wandos untuk sementara posisi peta Biak – Supiori berada dalam wilayah perbatasan, yang masyarakatnya sebagian berada di Biak dan sebagian berada di Supiori. Oleh sebab itu kegiatan ini dilakukan untuk  upaya kebersamaan, upaya melakukan suatu kegiatan yang ada persatuan dan persekutuan. Kalau soal parawisata dan kelautan perikanan Biak – Supiori adalah saudara kembar, karena apa yang dilakukan di Biak sama juga di Supiori, apa yang dilakukan di Supiori sama juga dengan Biak. Oleh sebab itu marilah kita membangun kebersamaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program – program pemerintah yang ada, khususnya kita sementara perhatian pemerintah dalam rangka pengembangan parawisata untuk meningkatkan devisa negara untuk kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Dalam acara ini turut hadir Plt.Sekda Supiori, Kapolres Kabupaten Supiori, Wakapolres kabupaten Biak Numfor, Ketua DPRD Supiori, para anggota DPRD, Pimpinan PerBankan, dan pimpinan OPD Biak –Supiori. (Eda.S)

Kolom Pencarian

Link Website Terkait

    papua.jpg lpse.jpg bps.jpg

Kolom Download