ARTIKEL KEGIATAN

SOSIALISASI TRANSAKSI NON TUNAI BERBASIS CASH MANAGEMENT SYSTEM (CMS) TERHADAP LAYANAN PEMBAYARAN GAJI ASN & PEMBERIAN FASILITAS KREDIT PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SUPIORI

Pada senin (2/12) telah dilasanakan kegiatan Sosialisasi Payroll Gaji, yang mana payroll gaji merupakan bagian dari implementasi transaksi non tunai yang telah diinstruksikan oleh Kementrian Dalam Negeri sesuai SE MDN No. 900/18866/SJ dan 900 /1867/SJ tanggal 17 April 2017 terkait Implementasi Transaksi Non Tunai. Adapun beberapa manfaat dengan diberlakukannya sistem payroll gaji ini adalah menpercepat proses pelayanan gaji, mendorong transaksi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, mencegah peredaran uang palsu, menghemat pengeluaran negara, menekan laju inflasi, mencegah transaksi ilegal (korupsi dan/ atau gratifikasi), meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian serta mewujudkan tertib administrasi penggelolaan kas.

“Dengan diberlakukannya sistem payroll gaji maka diharapkan Bank Papua akan menjadi mitra kerja guna mendukung tercipta tata kelola pelayanan gaji yang baik bagi seluruh ASN di Kabupaten Supiori”, demikian sambutan Kepala Bank Papua Cabang Biak dan Supiori ibu Erna Kapisa pada kegiatan Sosialisasi Transaksi Non Tunai Berbasis Cash Management System (CMS) Terhadap Layanan Pembayaran Gaji ASN & Pemberian Fasilitas Kredit pada Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori.

Sekda Kabupaten Supiori menimpali pernyataan Kancab Bank Papua Biak Supiori tersebut , “Bahwa terkait dengan kegiatan sosialisasi Non Tunai ini bahwa bendahara adalah pelopor jiwa manusia yang ada di Kabupaten Supiori, dimana bendahara mempunyai perenan penting yang ikut menentukan masa depan ASN termasuk pihak ketiga dan masyarakat di Kabupaten Supiori”. Lanjutnya, “Terkait dengan itu pula perserta diharapkan akan menciptakan suatu kondisi yang bertanggung jawab sebagai bendahara yang ikut menentukan hidup orang lain”.

Sistem yang akan diberlakukan di seluruh proses keuangan di negara kita ini, dilakukan oleh pemerintah melalui dunia perbankan dan yang pada suatu saat nanti kita tidak akan lihat rupa uang, walaupun uangnya kita tahu bunyinya dan angkanya, tetapi karena perubahan tata laksana dan kemajuan sistem teknologi informatika dapat merubah sistem yang sementara ini sedang kita gunakan. Sehingga transaksi Non Tunai itu menjadi satu keharusan, yang dapat mengurangi transaksi uang yang tidak dibawa kemana–mana sehingga tidak mendatangkan hal buruk yang dapat terjadi pada keuangan kita. Sirkulasi keuangan secara menyeluruh dalam skala kecil di suatu kabupaten dapat diukur, seberapa besar uang yang beredar hari ini, berapa banyak uang yang ada di kabupaten ini juga dapat langsung dipantau melalui sistem ini.

Harapan Pemerintah dan juga masyarakat Supiori bahwa mekanisme ini dapat dilaksanakan sebagai upaya untuk menertibkan tata kelola keuangan secara regional. Salah satu tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini juga bahwa kepada para peserta agar mampu memahami proses keuangan dengan baik  sehingga tidak menghambat proses percepatan gaji pegawai dan proses keuangan lainnya. Pun menyangkut fasilitas kredit yang prosesnya dipermudah, proses penagihan tunggakan sampai pada proses pemotongan tunggakan yang juga berlangsung dengan muda. (Teda.S)

 

 

Kolom Pencarian

Link Website Terkait

    dpmptsp.jpg papua.jpg lpse.jpg bps.jpg

Kolom Download