ARTIKEL KEGIATAN

SOSIALISASI TES UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA OLEH GURU SD SEKABUPATEN SUPIORI TAHUN 2020

Kegiatan sosialisai tes uji kemahiran berbahasa Indonesia oleh guru SD dikabupaten Supiori, yang diselengarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Papua yang diikuti 70 peserta dari tiap SD yang ada di Supiori. Kegiatan ini berlangsung 4 hari mulai dari hari selasa – jumat, 25 – 28 Februari 2020, diaula Dinas Pendidikan Kabupaten Supiori.

Pada penutupan kegiatan ini ditutup oleh Kepala Dinas Kabupaten Supiori Rafles Ngilamere, S,STP, M.Si. pada penyampaiannya kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Balai Bahasa Provinsi Papua dengan Dinas Kabupaten Supiori. Soal bahasa ini sangat penting untuk bagaimana digunakan dengan cepat sehingga  anak tahu baca, tulis, hitung. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada guru SD, karena guru kelas mengajarkan semua mata pelajaran (mapel), visi Dinas Pendidikan Kabupaten Kabupaten Supiori tahun 2021, yaitu untuk menuntaskan baca, tulis dan hitung (Calistung).  Selain itu tujuan dari kegiatan ini adalah menambah pemahaman guru tentang (1) bagaimana berbahasa Indonesia yang baik dan benar, (2) menambah pengetahuan guru tentang kompentensi dia dalam mendidik anak – anak dalam kelas dan diaplikan dikelas. Hasil yang diharapkan melalui kegiatan ini apa yang peserta terima jangan disimpan sendiri tetapi diaplikasikan disekolah dan bagi kehidupan mereka sehari – hari, lanjut Rafles Ngilamele

 Selain itu Kepala Balai Pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia Balai Provinsi Papua Suharyanto, S.S, M.A,  pada penyampaiannya pencapaian nilai bahasa Indonesia masih rendah, sedikitnya berhubungan dengan tingkat kemampuan guru didalam menyampaikan materi – materi pelajaran bahasa Indonesia, kepada anak didik mereka. Untuk hal tersebut maka balai bahasa Provinsi Papua berusaha untuk memperkuat kompentensi guru SD didalam penguasaan materi terkait dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.

Pada kesempatan itu juga ketua panitia dari Balai Provinsi Papua ibu Muntihanah , S.S mengatakan bahwa sebelum peserta menerima penyuluhan mereka terlebih dahulu diberi tes awal dan juga tes akhir. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman guru tentang berbahasa  Indonesia secara baik dan benar.  (teda.S)

Kolom Pencarian

Link Website Terkait

    dpmptsp.jpg papua.jpg lpse.jpg bps.jpg

Kolom Download