ARTIKEL KEGIATAN

PENYUSUNAN REVISI RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN SUPIORI TAHUN 2013-2033

Sesuai Undang – Undang  nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang Pasal 11 ayat (2), mengamanatkan Pemerintah Daerah Kabupaten berwenang dalam melaksanakan penataan ruang wilayah kabupaten yang meliputi perencanaan tata ruang wilayah kabupaten, pemanfaatan ruang wilayah kabupaten, pengendalian pemanfaatan ruang wilayah kabupaten meliputi proses dan prosedur penyusunan serta penetapan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten. Pada acara pembukaan RTRW, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bapak Wigiyanto, BE.SE, menyampaikan adapun maksud dari pekerjaan Penyusunan Revisi RTRW kabupaten Supiori adalah menindak lanjuti hasil peninjauan kembali terhadap rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Supiori tahun 2013 – 2033 dengan penyempurnaan materi RTRW yang tertuang dalam peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2012 tentang RTRW Kabupaten Supiori Tahun 2013 – 2033.

Tujuan dari kegiatan penyususnan Revisi RTRW Kabupaten Supiori adalah menyempurnakan struktur ruang wilayah Kabupaten Supiori, menyempurnakan rencana pola ruang berikut dengan ketentuan umum peraturan zonasinya, mengkaji kawasan yang memiliki pengaruh ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, memiliki potensi sumber daya alam untuk ditetapkan sebagai kawasan strategis pada kabupaten Supiori, menyempurnakan hal – hal lain yang terkait dengan ketentuan baru dan aturan – aturan yang berkaitan dengan RTRW.

Selanjutnya sambutan Bupati Supiori yang disampaikan oleh Asisten 3 memaparkan rencana umum tata ruang merupakan perangkat penataan ruang wilayah yang disusun berdasarkan pendekatan wilayah administratif yang secara hirarki terdiri atas  tata ruang wilayah nasional, rencana tata ruang provinsi, dan tata ruang wilayah kabupaten/ kota. Sedangkan recana umum tata ruang nasional adalah arahan kebijakan dan strategi pemanfaatan ruang wilayah nasioanal yang disusun guna menjaga integritas nasional, keseimbangan dan keserasian perkembangan antar wilayah dan antar sektor, serta keharmonisan antar lingkungan alam dengan lingkungan buatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dokumen RTRW Kabupaten Supiori akan menjadi acuan penting bagi pembangunan dan akan diacu bagi produk perencanaan oleh sektoral lainnya seperti Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA), Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), Kawasan Perkotaan, Tatanan Transportasi Lokal, RP2KP Permukiman, RPIJM Bidang Cipta Karya, Rencana Induk Persampahan, Masterplan drainase, Rencana Induk Penyediaan Air Minum, Rencana Induk Jaringan Jalan, RZWP3K (Pesisir dan Kelautan). Diharapakan seluruh SKPD dapat menyampaikan berbagai informasi terhadap konsultan sebagai tim penyusun Revisi Rencana Tata ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Supiori. Dan nantinya hasil revisi RTRW dapat dilanjutkan proses legalitasnya agar lebih cepat di perdakan sehingga visi misi dan tujuan serta indikasi – indikasi program RTRW segera terlaksana agar masyarakat Kabupaten Supiori dapat merasakan manfaatnya sesuai dengan arahan kebijakan RTRW sebagai landasan hukumnya. Kegiatan ini berlangsung satu hari yang di ikuti oleh 40 peserta yang bertempat di hotel Sapuri, Distrik Supiori Timur Kabupaten Supiori.(Ts)

Kolom Pencarian

Link Website Terkait

    papua.jpg lpse.jpg bps.jpg

Kolom Download