ARTIKEL KEGIATAN

KEGIATAN PENCIPTAAN WIRAUSAHA BARU KHUSUSNYA WIRAUSAHA ASLI PAPUA (OTSUS) TAHUN ANGGARAN 2019

Kegiatan penciptaan wirausaha khususnya wirausaha asli papua dilaksanakan dibalai pelatihan rumah agroindustri di desa Duber Miosarwai yang terletak di wilayah Distrik Supiori Timur pada hari Kamis (19/12). Kegiatan ini diselengarakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), yang bertujuan untuk melihat kelompok kerja yang telah diberi nama      “ Satu Hati Satu tujuan” dan juga lingkungan sosial sekitar kelompok, dalam memproduksi bahan baku keladi mentah menjadi keripik keladi dari desa Duber yang memiliki citra rasa yang tidak kalah saing dengan produk keripik dari tempat lain yang ada diluar Kabupaten Supiori.Kegiatan ini berlangsung hanya satu hari, yang diikuti oleh sekitar tujuh puluh peserta.

Sebagai Nara Sumber kabid. UMKM Dinas Tenaga kerja Koperasi dan UKM menjelaskan keripik Duber baik dari sisi rasa dan sisi performens sungguh bagus sehingga diharapkan lewat kegiatan ini kedepan, produk-produk supiori yang termasuk di dalamnya keripik Keladi Duber bisa dapat menembus pasaran dalam Kabupaten Supiori maupun keluar kabupaten Supiori, dari sisi rasa ada rasa asin, rasa balado, rasa original, rasa jagung, dan beberapa rasa yang lain, diharapkan ada suport baik pemerintah, agama  dan masyarakat terhadap kelompok –kelompok masyarakat yang benar – benar peduli terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten supiori. Selain itu melelui kegiatan ini dapat menumbuhkan dunia usaha dikabupaten supiori serta dapat menambah penghasilan dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan yang di dalamnya dapat menghidupi kehidupan rumah tangga, sehingga kedepannya masyarakat tidak hanya bergantung kepada Pemerintah tetapi sudah bisa hidup mandiri. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Kabid.Yohanis K. Istia pada kegiatan yang diselenggarakan di desa Duber Miosarwai.

Selanjutnya turut hadir ketua Klasis Supiori Utara Pdt. Beatrix Niabeli dalam penyampainnya dilihat dari sisi Gereja terhadap dunia usaha dimana alam ciptaan Tuhan khususnya kabupaten supiori baik laut dan hutan yang cukup luas yang didalamnya belum digarap hari ini, maka mulai kedepan masyarakat tidak bisa berbuat apa –apa. Melalui kegiatan ini masyarakat juga mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai warga gereja selaku orang percaya tidak hanya menikmati hasil dari apa yang mereka lihat tetapi dengan usaha meraka sendiri bisa menikmati pekerjaan itu dan melakukan pekerjaan itu dan menghasilkan apa yang diinginkan.  Turut hadir kepala seksi Emelia Sawor (Pemberdayaan Kelembangaan UMKM Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM), dan Yusak Innah (Kepala Seksi Penilaian dan Pengawasan Koperasi Dinas tenaga Kerja dan Koperasi & UMKM.   (Teda.s)

Kolom Pencarian

Link Website Terkait

    dpmptsp.jpg papua.jpg lpse.jpg bps.jpg

Kolom Download