ARTIKEL KEGIATAN

DIALOG BUPATI SUPIORI BERSAMA DUTA BESAR JEPANG UNTUK REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020

Kabupaten Supiori merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua dengan gugusan pulau – pulau kecil yang berjumlah 168 pulau , dengan luas wilayah 704,24 Km serta jumlah penduduk 17.400 jiwa. Kabupaten Supiori banyak memiliki potensi kekayaan alam seperti perikanan, kehutanan, dan pariwisata, serta wisata peninggalan sejarah perang Pasifik ( PD-II ). Selanjutnya pemerintah Jepang dan pemerintah Kabupaten Supiori hendaknya lebih diwujud nyatakan hubungan persahabatan ini diberbagai bidang pembangunan, khususnya bidang Pendidikan, Perikanan, Kesehatan,kepariwisataan, Perkebunan, dan bidang lainnya. Demikian sambutan Bupati Supiori Drs. Julles F. Warikar, pada acara dialog Bupati Supiori bersama Duta besar Jepang untuk Republik Indonesia, di gedung Keuangan Kabupaten Supiori, kamis (20/02).

 Demikian juga Duta Besar Jepang Hishii Masafumi, merasa gembira karena untuk pertama kali Pemerintah Jepang mengunjungi Papua, terlebih khusus kabupaten Supiori. Pada kunjungan balasan ini pemerintah Jepang berkesempatan menjalin hubungan kerjasama ini sekaligus menyampaikan bahwa akan melakukan proyek Repatrias, dimana kabupaten Supiori ada banyak peninggalan mengenai mantan tentara Jepang yang gugur pada perang Dunia Ke-2, hal ini penting untuk mengembalikan tulang belulang mantan tentara Jepang kepada keluarga yang masih tinggal di Jepang.

Mengenai proyek repatrias pemerintah Jepang mengharapkan dukungan dan kerjasama dari pihak pemerintah Supiori, sehingga mempermudah kelanjutan mengenai proyek repatrias ini. Dan akan banyak orang Jepang memiliki ketertarikan untuk mengunjungi kabupaten Supiori, oleh karena itu Duta Besar Jepang mengharapkan kenyamanan dan keselamatan bagi warganya ketika hendak berkunjung ke kabupaten Supiori diwaktu yang akan datang. Selain itu kepala Dinas Pariwisata kabupaten Supiori memberikan gambaran mengenai tempat terdapatnya tulang belulang mantan tentara jepang pada perang Dunia ke-2 (PD-II), kepada Duta Besar Jepang.

 Adapun nama tempat antara lain : 1. Pulau Mapia, Pulau Musaki, Pulau Rani, dan kampung Yendoker. Kunjungan duta besar Jepang ke Kabupaten Supiori berlangsung sehari yang dihadiri oleh manister kedutaan besar Jepang Tuan Ando Yoshio, Sekretaris I Kedutaan Besar Jepang Tuan Inoue Daisuke, Sekertaris III Kedutaan Besar Jepang Tuan Asano Sunya serta pimpinan OPD di instansi kabupaten Supiori, Kapolres Supiori, dan Ketua DPRD Kabupaten Supiori. Seusai acara dialog duta besar Jepang meninggalkan kabupaten Supiori, dan bertolak menuju Biak. (Teda.Sarewo)

Kolom Pencarian

Link Website Terkait

    dpmptsp.jpg papua.jpg lpse.jpg bps.jpg

Kolom Download